Sunday, September 8, 2013

Cara Hebat Sukses Matematika Usia Anak-anak

Bebera langkah cara menjadi hebat matematika sejak usia anak-anak adalah langkah yang harus ditempuh oleh banyak orang tua apalagi para ibu-ibu muda yang senantiasa menginginkan anaknya supaya cerdas matematika sejak usia TK, berbagai cara ditempuh seperti mencari sebuah lembaga mulai dari A sampai Z dari yang terjangkau secara financial sampai yang mahal.
Pada dasarnya tujuanya hanya satu yaitu cerdas matematika atau mata pelajaran umum akan tetapi matematika merupakan prioritas utama karena apa?, memang matematika membutuhkan cara berhitung cepat dan tepat hal ini merupakan proses yang panjang karena si anak harus sering mendengar sejumlah angka serta banyak berlatih, adapun beberapa Tips cara cerdas matematika sejak dini sebagai berikut :
  1. Pada anak usia emas tingkat intelegensia sangat tinggi daya seraf otaknya, pada usia ini peran penting bagi orang tua untuk ber upaya memberi bimbingan mulai menulis angka kalau belum bisa sebaiknya dibuatkan angka dengan bantuan titik-titik, selanjutnya si anak diminta untuk menebali angka yang berupa titik-titik tesebut hal ini dilakukan dengan satu macam angka misalnya angka 2 dilakukan berkali-kali dan kemudian angka diganti-ganti agar anak hafal menulis angka.
  2. Proses kedua tugas seoang ibu kenapa harus ibu lagi karena matematika akan lebih baik kalau disajikan dalam bahasa ibu pada langkah ini ibu menyiapkan benda atau mainan yang berbentuk angka akan lebih baik benda yang berupa angka tadi bentuk 3 dimensi yang berwarna-warni, dalam bentuk 3 dimensi akan membuat memori dalam imajinasi anak.
  3. Proses ketiga setelah bisa menulis angka langkah selanjutnya adalah belajar menjumlahkan angka yang sederhana tidak lebih 10 karena hal ini melatih atau membesarkan otak kiri (fungsinya menulis,menhitung) disamping juga berguna untuk membesar otak kanan (fungsinya untuk ber imajinasi). berhubung otak kanan untuk ber imajinasi maka diperlukan ketrampilan orang tua untuk membuat soal cerita yang berhubungan dengan penjumlaha tidak lebih dari 10.
Contoh : Anto punya 2 kelereng kemudian diberi ayah 5 kelereng jadi berapa kelereng Anto sekarang?. Catatan : Contoh ini disampaikan dalam cerita saja tidakperlu dituliskan jadi anak hanya menjawab saja. 
Demikian Cara Bebera langkah cara menjadi hebat matematika sejak usia anak-anak.

Related Articles:

2 comments

September 12, 2013 at 2:35 AM

artikel bermanfaat

June 29, 2015 at 8:40 PM

Solusi hebat

Post a Comment